Tuesday, October 13, 2009

Hacker Gunakan Twitter untuk Mengontrol Botnet

Kini banyak hacker yang memanfaatkan Twitter untuk mengirim pesan update yang sudah dikodekan ke komputer yang sebelumnya telah mereka infeksi dengan virus jahat.

Nampaknya ini adalah kasus pertama dimana hacker menggunakan situs populer tersebut untuk mengontrol botnet. Dengan botnet, hacker menghimpun komputer yang telah terinfeksi agar bisa memata-matai langsung si pengguna komputer, mengirimkan spam atau menyerang situs yang tengah digunakan pengguna komputer dengan trafik internet palsu.

Salah satu ahli di bidang botnet, Jose Nazario, menemukan sebuah struktur yang dinamakan command-and-control structure atau struktur perintah dan pengawasan. Komputer yang telah terinfeksi mengikuti Twitter feed ?Upd4t3? melalui RSS feed.

"Pada dasarnya, yang dilakukan hacker adalah menggunakan status pesan untuk mengirim link baru ke kontak. Link baru ini berisi perintah baru atau link yang tidak dapat diunduh atau dijalankan. Sebenarnya link ini merupakan info-stealer operation," kata Nazario, seperti dikutip dari Wired.com, Jumat (14/8/2009).

Pesan Twitter ini kemudian berubah menjadi link yang mengarahkan pengguna agar mengunduh kode atau instruksi menginstal virus.

Sebelumnya, hacker pernah menggunakan chat room IRC untuk mengontrol botnet. Kini, mereka mendapatkan ide baru dengan memanfaatkan Twitter.BLACKFILES NEWS

Bagikan

Jangan lewatkan

Hacker Gunakan Twitter untuk Mengontrol Botnet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.