Monday, May 23, 2011

tugas 3 bahasa indonesia, penulisan ilmiah

Mengingat pengukuran hampir di lakukan pada setiap aspek kehidupan manusia, seperti analisa ststistik, perencanaan alat pengukuran, evaluasi hasil penentuan ketidak pastian dan kalibrasi maka tanpa adanya suatu standard pengukuran akan timbul permasalahan dalam beberapa hal. Walaupun telah ada ilmu yang mempelajari segala hal tentang pengukuran yang kita kenal dengan metrology, namun ilmu itu tak berarti tanpa adanya kesamaan harga / nilai dari suatu besaran.
Salah satu cabang metrology adalah kalibrasi. Kalibrasi adalah perbandingan hasil pengukuran dari suatu alat dengan standard pengukuran. Jasa kalibrasi adalah suatu suatu kegiatan untuk menemukan kebenaran konvensioanal nilai penunjukan alat dan bahan ukur dengan cara membandingkanya dengan standar ukuran yang mengacu (Trceeable) pada standard International.
Kalibrasi berfungsi untuk mengetahui mutu dari suatu alat ukur atau alat test. Sedangkan bagi pabrikan kalibrasi berfungsi untuk kepentingan pengendalian produksi yang baik. Adapun salah satu alat yang berfungsi sebagai kalibrator yaitu Fluke 5500A.
Kalibrator model 5500A dapat mengkalibrasi ketelitian (Precision) ukuran pada alat-alat ukur alat listrik , diantaranya ukuran tegangan AC maupun DC, power AC ataupun DC, resistansi,kapasitansi dan tempratur. Selain itu bahwa kalibrator model 5500A juga dapat mengkalibrasi osiloskop-osiloskop baik analog maupun digital.


ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!


Bagikan

Jangan lewatkan

tugas 3 bahasa indonesia, penulisan ilmiah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.