Tuesday, July 09, 2013

Inggris Siap Cari Jejak Keberadaan Alien

Para ilmuwan Inggris siap bekerja sama mencari kehidupan makhluk asing, atau alien, di antara bintang di tata surya. Seperti apa?

Sejumlah ilmuwan dari 11 institusi di Inggris membuat jaringan untuk mengkoordinasi upaya yang disebut Pencarian Kecerdasan di Luar Planet atau Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI). Astronom kerajaan Inggris, Sir Martin Reen, didaulat sebagai pembina dari kelompok tersebut.

Dilansir Wired, kelompok itu meminta berbagai badan pemberi dana memberikan bantuan dalam jumlah kecil, sekitar satu juta poundsterling setahun, untuk membiayai aktivitas mendengarkan teleskop radio dan analisa data.

Dana itu juga membiayai penelitian untuk mencari berbagai metode baru menemukan makhluk asing atau alien.

"Saya belum tahu apakah ada alien di luar sana, namun saya sangat ingin mengetahuinya. Mungkin kita sendiri di alam semesta. Dan pikirkanlah implikasinya jika kita sendiri di alam semesta lalu tujuan penciptaan semesta ada di pundak kita. Akan tetapi, jika kita tidak sendiri, hal tersebut akan sangat menarik," ujar Dr Alan Penny, koordinator SETI yang juga ilmuwan dari Universitas St Andrews, Skotlandia.

Kepada BBC, Dr Penny mengatakan bahwa SETI bisa menjadi argumen kuat, dan kelompoknya akan mencari dukungan dari dewan riset.

"Umat manusia ingin mengeksplorasi, ingin menemukan hal-hal baru. Apabila kita berhenti berusaha, maka kita akan membusuk dan punah," ujarnya. [mor]

Sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2008181/inggris-siap-cari-jejak-keberadaan-alien#.Udume6xTAwo

Bagikan

Jangan lewatkan

Inggris Siap Cari Jejak Keberadaan Alien
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.