Wednesday, September 08, 2010

Kehidupan Mars Mungkin Terlewati

Analis terbaru data yang terkirim dari Mars 34 tahun lalu menunjukkan tidak ada materi organik di planet tersebut. Ini memungkinkan adanya kesalahan persepsi di awal.

Para peneliti mengatakan bahwa hasil dari pemeriksaan kembali misi Viking 1976 ternyata tidak membawa ilmuwan lebih dekat dengan kehidupan Mars. Meskipun begitu, kemungkinan atas ada dan tidaknya kehidupan disana tetap ada, seperti dilaporkan The Washington Post.

Temuan ini menunjukkan adanya resiko ‘negatif palsu’ dalam eksplorasi ruang angkasa berdasarkan keterbatasan peralatan dan asumsi ilmuwan soal kondisi di balik bumi, ujar senior ilmuwan bidang astrobiologi di NASA, Mary Voytek.

“Kita sekarang bisa mengatakan ada materi organik di Mars dan percobaan organik Viking tidak menemukan adanya kerusakan selama pengujian,” kata Rafael Navarro-Gonzales dari National Autonomous University of Mexico

Peneliti melakukan replikasi misi Viking dengan tanah dari lingkungan yang mirip dengan Mars di bumi, Gurun Atacama di Chili misalnya. Mereka memanaskan sampel dengan cara yang dipanaskan pada instrumen Viking di Mars.

Peneliti direplikasi misi Viking dengan tanah dari lingkungan Mars-seperti kebanyakan di Bumi - Gurun Atacama di Chili - dan memanaskan sampel dengan cara yang sama itu dipanaskan oleh instrumen Viking di Mars.

“Pelajaran terbesar dan perpenting dari penemuan ini adalah kita harus tahu apa yang kita cari dan bagaimana menemukannya. Ini menunjukkan bahwa kita dapat mencar tahu soal kehidupan di Mars dan apa saja yang tidak kita pahami.”

sumber : inilah.com




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Kehidupan Mars Mungkin Terlewati
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.