Wednesday, September 08, 2010

Galaksi Kurcaci Dilahap ‘Tetangga’ Raksasa


Astronom berpendapat bahwa beberapa galaksi kerdil saat ini telah dilahap oleh tetangga mereka, galaksi spiral yang lebih besar.

Galaksi spiral terkenal mengembangkan diri dengan menelan tetangga kecil mereka. Sebagai bagian dari proses, galaksi kerdil ini menjadi sangat terdistorsi. Sebuah tim internasional saat ini telah menemukan tanda karakteristik dari proses yang terjadi di galaksi yang jauh berada di luar lingkungan kosmik.

Peneliti mempublikasikan temuan ini di jurnal Astronomical. Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini dapat lebih menjelaskan soal evolusi galaksi. Karena dicerna oleh galaksi spiral, galaksi kerdil membentuk struktur yang dikenal dengan sulur jaringan bintang panjang.

Para astronomi telah mengamati peristiwa ini di lingkungan kosmik yang dikenal sebagai galaksi ‘kelompok lokal’ selama lebih dari satu dekade.

Tapi, kelompok lokal yang memiliki tiga galaksi spiral ini terlalu kecil sebagai sampel untuk mengetahui seberapa sering proses ‘konsumsi’ itu terjadi di alam semesta.

David Martínez-Delgado dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman dan rekannnya melakukan survei terhadap galaksi spiral pada jarak hingga 50 juta tahun cahaya dari Bumi.

Mereka menemukan tanda-tanda dari galaksi spiral yang memakan galaksi kerdil. Ini merupakan pengamatan pertama di luar studi galaksi kelompok lokal. Hebatnya, hasil ini diperoleh dari teleskop astronom amatir yang ambisius.

sumber : inilah.com




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Galaksi Kurcaci Dilahap ‘Tetangga’ Raksasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.