Thursday, October 08, 2009

Bug Pada Windows Vista Dimanfaatkan Hacker


Karena bug (cacat) pada Windows Vista dan Windows Server 2008, sudah sepekan hacker merilis software yang dapat menyerang bug tersebut. Setahun lalu bug serupa telah memaksa Microsoft untuk segera mengeluarkan tambalan keamanan.

Tapi Microsoft dan perusahaan keamanan mengatakan penjahat belum melakukan banyak hal dengan bug itu. Pernyataan Microsoft sejalan dengan analisis dari perusahaan keamanan seperti SecureWorks, Symantec dan unit iDefense Verisign.

Bug terbaru itu terletak pada SMB v2, perangkat lunak yang digunakan oleh Vista dan Server 2008 untuk melakukan sharing file dan printer.

Peneliti SecureWorks Bow Sineath mengatakan ada beberapa alasan mengapa serangan terakhir belum menyebar. Alasan utama adalah bahwa kode Metasploit tidak bekerja seperti serangan MS08-067 tahun lalu. Dan sering kali menyebabkan komputer crash dan bukan menjalankan perangkat lunak hacker.

SMB v2 biasanya diblok di firewall, dan tidak digunakan di Windows XP yang berarti bahwa serangan Metasploit tidak akan bekerja pada sebagian besar PC.

Vista, satu-satunya Windows yang rentan terhadap serangan itu hanya digunakan pada sekitar 19 persen komputer yang berselancar di web, menurut perusahaan analisis web Net Applications. Sedangkan Windows XP berjalan pada 72 persen PC.

“Karena faktor-faktor itu cacat SMB v2 tidak menjadi target populer,” kata Sineath.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bug Pada Windows Vista Dimanfaatkan Hacker
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.