Saturday, August 06, 2016

Hadirkan Solusi Seiring Inovasi - Inovasi Infrastruktur Masa Depan



untuk memeriahkan pekan sains dan teknologi saya akan membahas inovasi yang menurut saya dapat di hadirkan untuk masa depan kita dan juga untuk anak cucu kita kelak.

seperti yang terlihat sekarang pada jaman yang serba teknologi ini kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan mudah dan sangat cepat berkat teknologi yang semakin maju ini sebaiknya kita manfaatkan untuk infrastruktur pada daerah kita tinggal maupun daerah daerah terpencil yang sulit di jangkau. masih banyak orang yang yang masih belum bisa menjangkau teknologi terkini karna keterbatasan yang menjadi penghalang saat ini biaya yang sangat mahal dll.

jika kita ingin membangun infrastruktur yang berbasis teknologi masa kini agar mempermudah setiap aktivitas dan pekerjaan kita alangkah baik nya kita mulai dari yang kecil terlebih dahulu,misalkan untuk diri sendiri kita kembangkan lagi untuk pengguna banyak orang/masyarakat.

saat ini banyak infrasruktur yang sudah ada dan banyak pula kegunaan nya untuk banyak orang bahkan pekerja infrastruktur jalan raya dan pembangunan banyak terbantu berkat teknologi untuk membangun infrastruktur ini.

saya melihat masih banyak kekurangan untuk membentuk sebuah infrastruktur yang baik, masih banyak jalanan yang berlubang,jembatan putus,ke inginan untuk memiliki tempat tinggal  karna pembangunan rumah rumah tinggal yang sedikit dan mahal,masih banyak yang tidak dapat mendapat air bersih. berikut opini dan saran saya seiring inovasi infrastruktur untuk masa depan kita :

1. Jalan Berlubang

 jalanan yang berlubang yang selalu saya lalui saat bekerja alangkah baiknya di pasang setiap jalan CCTV selain untuk memantau arus lalu lintas dan memantau tindak kejahatan di jalan yang marak terjadi dapat juga untuk memantau kondisi jalan mana saja yang berlubang agar dapat di benahi agar tidak terjadi kecelakaan akibat jalanan yang berlubang dan tidak hanya itu jalan yang rusak dapat mengakibatkan banjir hingga kemacetan yang begitu panjang.

2. Banyak jembatan yang putus atau rusak

pengalaman saya saat mudik ke kampung halaman yang berada di sumatra masih banyak sekali jembatan penguhubung jalan dari satu desa ke desa lain rusak bahkan lebih parah lagi putus karna masih banyak jembatan yang di bangun hanya menggunakan tali dan kayu yang disusun panjang. disaat teknologi yang sudah maju ini baik nya untuk jembatan gantung tali di tiadakan karna seiring dimakan usia tali dapat rapuh dan sewaktu waktu jembatan dapat putus.

3.  Pembangunan rumah

saat ini pemerintah sedang marak nya membangun sejuta rumah untuk rakyat dan bahkan banyak sekali pembangunan bangunan apartemen di tempat tinggal saya ini. untuk menghadirkan inovasi yang baik untuk pembangunan rumah dan bangunan apartemen alangkah baiknya di bangun lebih banyak perumahan di banding apartemen untuk dapat menjangkau garis keluarga yang sederhana. tidak semua orang dapat menyewa atau membeli apartemen yang di karenakan harga nya lebih mahal di banding dengan rumah tinggal ber ukuran type 29/60.

4. Kurangnya air bersih

masih banyak tempat tinggal yang masih kekurangan untuk mendapat air bersih. alangkah baik untuk perusahaan daerah air minum (PDAM) untuk menjangkau daerah terpencil. lebih baik lagi jika daerah terpencil atau daerah yang masih belum mendapatkan air bersih di beri suatu teknologi dan penyuluhan bagi warga di mana dapat mengubah air keruh menjadi air yang dapat di minum.

5. Banjir

saat ini masih banyak daerah yang jika datang musim penghujan dapat tergenang banjir di akibat kan dengan banyak nya sampah yang tergenang di sungai yang menghambat laju air sungai tersebut. alangkah baik nya untuk mengurangi tingkat banjir di beberapa daerah untuk membersihkan kali/sungai dengan teknologi yang sudah ada dan di bantu dengan peringatan keras agar tidak membuang sampah di kali/sungai.


begitulah opini dan saran saya yang dapat saya sampaikan yang saya rasakan saat ini untuk membuat inovasi infrastruktur masa depan yag lebih baik untuk kita dan anak cucu kita kelak. semoga perintah dan lembaga pemerintahan lain nya dapat mewujudkan hal yang baik ini, seiring pembangunan bangsa yang besar dan indah ini.


terima kasih

M. Rizky Halim

Bagikan

Jangan lewatkan

Hadirkan Solusi Seiring Inovasi - Inovasi Infrastruktur Masa Depan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.