Monday, June 13, 2016

Cara Sederhana Merawat Mesin mobil anda



Apakah anda sayang dengan mobil anda? Jika ya saya akan memberitahu cara sederhana merawat mesin mobil anda. Agar mobil tetap sehat dan selalu dalam kondisi prima memang dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal secara menyeluruh. Namun tentunya tidak semua orang memiliki waktu atau kebiasaan merawat mobil secara mendetail. Jika anda tidak memiliki waktu untuk dating ke bengkel berikut ada beberapa hal penting pada bagian mobil yang harus anda rawat dan tidak boleh diabaikan. Tidak hanya mobil bekas atau mobil yang sudah tua saja yang perlu perawatan tetapi mobil baru juga, jika tidak di rawat dengan benar maka akan cepat rusak dan jika diperlukan perbaikan maka tidak akan memakan biaya yang tidak sedikit pula. Maka dari itu saya akan membahas hal penting pada mobil yang tidak bisa di abaikan.
Berikut ada 4 cara :

1.    Ganti oli secara teratur / berkala
Oli sangat vital pada mesin jika mesin tidak di aliri oleh oli maka mesin kita akan panas bahkan dapat mengakibatkan kerusakan. Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil, pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.Selain itu pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli sangat berperan penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.
2.    Bersihkan filter karbu
Penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.
3.    Cek radiator
Peran radiator sangat penting untuk menetralisir panas pada mesin mobil . Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka selayaknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala.
4.    Pacu mesin mobil Anda
      Mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu akan menghasilkan banyak kerak pada beberapa bagian mesin. Untuk menghilangkan nya mudah sekali, cukup memacu kendaraan dengan menginjak pedal gas lebih dalam agar kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melalui knalpot. Tentu anda harus memperhatikan keamanan saat berkendara ketika mencoba memacu kendaraan anda lebih cepat. Dan jangan ugal-ugalan di jalan raya saat anda memacu kendaraan anda.

sekian tips dari saya untuk cara sederhana merawat mesin mobil anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang memiliki mobil. :D 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Sederhana Merawat Mesin mobil anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.