Saturday, May 07, 2011

Planet Super Bumi Terpadat


Teleskop luar angkasa Kanada berhasil menemukan ‘super Bumi’ yang mengorbit bintang jauh. Astronom mengatakan, planet ini merupakan planet terpadat yang pernah ada.

Peneliti mengatakan, planet ini diberi nama 55 Cancri E. Planet ini mengitari bintangnya dalam 18 jam. Seperti dikutip Postmedia, "Anda bisa menentukan tanggal di planet itu menggunakan jam tangan,” ungkap Jaymie Matthews dari University of British Columbia.

Mengingat suhu permukaan mendekati 4,900 derajat Fahrenheit, kesempatan hidup di planet itu sangat kecil, katanya. Meski begitu, astronom mengatakan, planet itu memiliki atmosfer yang kuat karena gravitasi kuatnya. "Planet ini sangat eksotik, seperti anak super Bumi,” kata Matthew.

Penelitian mengindikasikan, diameter planet ini 60% lebih besar dari Bumi, namun tingkat kemasifannya delapan kali lebih masif dibanding Bumi. “55 Cancri E merupakan planet terpadat yang pernah ada,” kata astronom.

Letak planet ini juga tak terlalu jauh dari Bumi sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini membuat 55 Cancri E ‘benda unik laboratorium guna meneliti cara planet terbentuk dan berevolusi’.

Sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1474682/inilah-planet-super-bumi-terpadat




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!


Bagikan

Jangan lewatkan

Planet Super Bumi Terpadat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.