Wednesday, March 16, 2011

NASA Kunjungi Merkurius Pekan Ini

Pekan ini, pesawat ulang-alik MESSENGER NASA akan masuk orbit Merkurius. Pesawat ini memiliki misi mengungkap rahasia planet dekat matahari itu.

Jika berjalan lancar, MESSENGER (Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry and Ranging) akan sampai Merkurius pada 18 Maret. Saat itu, pesawat akan berjarak 200 kilometer dari permukaan Merkurius.

"Kami sangat antusias atas prestasi ini dan bersemangat mempelajari rahasia yang ada di Merkurius," papar geofisikawan Carnegie Institution Sean Solomon di Washington.

MESSENGER merupakan pesawat ulang-alik kedua yang mencapai Merkurius.

Mariner 10 merupakan pesawat pertama yang sempat melewati orbit Merkurius selama tiga kali pada 1974-1975. Saat itu, Mariner 10 hanya mampu melihat 45% permukaan Merkurius. Seperti dikutip FOX News, ketika sudah mengorbit, MESSENGER akan memetakan seluruh permukaan Merkurius.

Selain memetakan topografi, pesawat itu akan merekam topografi dan komposisi planet dalam skala kecil hingga puluhan meter. Dalam misi selama setahun itu, MESSENGER juga mengukur perbedaan atmosfer Merkurius yang terdiri dari hidrogen, helium, dan ion logam.

Informasi yang diperoleh pesawat ini diharapkan bisa memberi informasi mengenai cara atmosfer tipis Merkurius bisa kembali terbentuk setelah ion yang ada dilepaskan ke angkasa.

sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1320322/nasa-kunjungi-merkurius-pekan-ini




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!


Bagikan

Jangan lewatkan

NASA Kunjungi Merkurius Pekan Ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.