Sunday, October 31, 2010

FPGA

Definisi fpga(field progammble gate aray) : merupakan sebuah ic sering digunakan untuk mengemplementasikan sebuah rangkaian digital. Fpga ini terdiri atas gerbang –gerbang digital dimana masing – masing gerbang tersebut dapat dikonfigurasikan satu sama lain.
field progamble ini bersifat dapat dirancang sesuai dengan kinginan dan kebutuhan user\pemakai. ic yang dapat di progam sesuai dengan pemakainya,pemakai dapat memakai ic digital ini secara berulang-ulang.progam yang akan di download ke dalam fpga dan progam tersebut dibuat,diuji dan disimulasikan dahulu mengunakan pc(computer) baru proses download progam dilakukan.
Fpga ini bersifat volatile apabila ketika sumber daya yang menyuplainya dicabut maka secara otomatis fpga fungsinya akan hilang.fpga ini tidak mampu menyimpan progam ketika tenaganya dicabut. Rancangan fpga anda bias berkerja lebih cepat disbanding rancagan lain,karena fpga ini hampir semua rangkain terimplementasi melalui chip.
Fpga dikembangkan sejak tahun 1984 oleh perusahaan Xilinx yang berbasis di san Jose,CA di produksi oleh berberapa perusahaan misalnya,Altera,Lattice,dan Quicklogic. Perusahaan yang terbesar di seluruh dunia yaitu Xilinx dan Altera.
perusahaan pembuat fpga memberikan perangkat lunak secara gratis,softwer ini digunakan proses design entry: yaitu suatu rancangan rangkaian dapat diwujudkan dalam fpga dengan cara mengambarkan sekm a rangkaian tersebut. Simulation: yaitu untuk mengetahui sekaligus mengecek apakah rangkaian telah dibuat mampu berjalan dengan baik atau tidak. Synthesis and place and route. Synthesis:yaitu untuk memakai dan mengambarkan rangkaian yang ada dan setelah itu sebuah list yang dapar diartiakan daftar kumpulan rangkaian.rote: penempatan jalur rangkaian ditepatkan dan dihubungkan ke jalur fpga.progaming through serial cables (JTAG): suatu fpga yang dapat kita progam dengan media yang sudah ada.
Fpga digunakan bahasa tingkat tinggi untuk hadware yang disebut VHDL(very high speed intergred circuit hadware Description language)fpga mempunyai kelebihan meliputi fleksibelitas biaya dan perkembangan perunit rendah,kecepatan tinggi serta tingkat keamanaan tniggi dan mengemplementasikannya mudah dan cepat. Fpga mengambil keuntungan dari Pld,Asic Xilinx softwernya mengemplementasikan barang itu .




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

FPGA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.