Friday, March 05, 2010

Botnet Spanyol Bisa Lumpuhkan Sebuah Negara


Penjahat Spanyol yang mencuri rincian perbankan, tidak sadar jaringan ilegal yang mereka ciptakan dapat melumpuhkan seluruh sistem komputer negara itu kata polisi.

Polisi memberikan konferensi pers sehari setelah mereka menangkap tiga orang yang diyakini menjadi salah satu kejahatan komputer terbesar yang pernah terdeteksi.

Polisi menolak memberikan identitas laki-laki berusia antara 25 hingga 31 tahun dari kota-kota kecil Spanyol, dari mana mereka dituduh menginfeksi lebih dari 13 juta komputer dengan spyware.

Polisi percaya bahwa orang itu bukan hacker ahli tapi membeli program virus dari pasar gelap yang digunakan untuk mengambil alih komputer orang lain dan menciptakan sebuah botnet yang memperbudak jaringan komputer.

"Untungnya botnet dari 13 juta komputer itu dikendalikan oleh seseorang yang belum menyadari betapa kuatnya jaringan itu," kata Juan Salon, kepala unit Cybercrime Polisi Spanyol.

Jaringan itu mempunyai daya komputasi lebih tinggi daripada yang digunakan dalam serangan cyber terkenal di Estonia, kata polisi, seraya menambahkan bahwa hal itu bisa secara teori bisa digunakan untuk menyerang infrastruktur komputer vital sebuah negara.

Estonia menuduh Rusia berada dibalik serangan 2007 yang menenggelamkan website milik banyak lembaga-lembaga negara. "Terima kasih Tuhan, mentalitas kriminal mereka tidak terlalu canggih," kata salon, yang mengatakan orang-orang itu coba menawarkan botnet pada geng-geng kriminal, tetapi tampaknya tidak membuat keuntungan besar walaupun mereka bisa hidup nyaman.

Penjahat menggunakan virus untuk menulari komputer lain dengan mengeksploitasi kelemahan di Microsoft Internet Explorer yang kemudian memungkinkan untuk merekam password. Botnet ini dikenal sebagai Mariposa, kata Spanyol untuk kupu-kupu.

Pemimpin geng tertangkap dengan rincian data pribadi 800.000 orang, kata polisi.

Instansi pemerintah dan perusahaan juga telah terpengaruh, katanya meskipun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Sumber : inilah.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Botnet Spanyol Bisa Lumpuhkan Sebuah Negara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.