Wednesday, July 01, 2009

mbah surip


Mbah Surip, yang kini ternama di Tanah Air berkat ring back tone lagu Tak Gendong, lebih dulu dikenal dengan seruan, "I love you full"-nya dan dandanan ala legenda regage (mendiang) Bob Marley.
Rambut gimbal setia menemani penampilan lelaki bernama asli Urip Ariyanto ini. Dikisahkan oleh Mbah Surip, rambut gimbalnya merupakan kreasi dari para pelukis di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. "Pasti dikira wig ya. Ini dikerjain sama teman-teman saya, pelukis Ancol," tutur pria asal Mojokerto, Jawa Timur, ini
Ia pun menceritakan proses penggarapan rambut yang menurutnya sudah menemaninya sejak 1996, selama pemerintahan lima presiden--dari Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono. "Jadi, ini disiram cat, lalu digulung gimbal, terus diikat tali. Talinya, dari yang harganya 50 perak sampai 700 perak," paparnya.
Untuk merawat rambutnya, aku Mbah Surip, ia menggunakan shampo kucing anggora. Kalau tidak, sambungnya, rambutnya bisa rusak.

Selain rambut gimbalnya, topi rajut warna-warni seperti yang dikenakan oleh Bob Marley, juga bertengger di kepala Mbah Surip.

Aku Mbah Surip--yang setidaknya sudah menghasilkan lima album dari 1997 hingga 2004, termasuk album Tak Gendong (2003)--baru belakangan ini saja ia bisa tampil bersih dan rapi. "Dulu penampilan saya lebih kacau dari ini. Pokoknya, enggak bisa dibayangin. Ini saja baru lebih bersih," ujarnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

mbah surip
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.