Thursday, July 21, 2016

Cara merawat mesin motor

Judul topik kali ini agak melenceng dari yang biasanya, saya kali ini akan membagikan pengaman pribadi saya dalam merawat motor.

Saya dulu penunggang honda tiger tahun 2004, saya membeli motor tersebut bekas anak touring komunitas honda tiger mailing list. saya sangat menyayangi motor tersebut sehingga saya merawatnya dengan baik sampai pada akhirnya berjalan 8 tahun saya menjual, sedih sekali...

Motor honda tahun 2004 ini cukup bandel karna mesin yang terawat dan sering di pakai touring tetapi masih kuat untuk lari, kiat dalam merawat sebuah motor mau motor gede atau motor bebek dan matic adalah :

1. Cek selalu oli motor

Oli motor ini sangat vital fungsi nya karna selalu mengaliri mesin agar tidak kesat, bayangkan saja jika motor anda kehabisan oli maka mesin anda akan rusak karna tidak di aliri oli, mesin anda bergesekan antara besi yang satu dengan yang lainya karna tidak adanya oli.

2. Service secara berkala

Dalam mesin motor tidak hanya oli saja yang punya peranan penting, mesin juga harus di service setiap kali anda perjalanan jauh karna mesin akan kotor, biasanya saya menservice di bengkel resmi honda bersamaan dengan ganti oli dan tune up.

3. Kuras tangki bensin

Jika anda pengguna motor besar seperti tiger, scorpio, vixion, thunder anda harus menguras tangki anda beberapa bulan sekali jika anda pengguna bahan bakar premium, di karenakan premium membuat tangki bensin anda berkarat pada bagian dalam nya sehingga membuat tangki bensinya keropos dan membuat lubang seperti pengalaman saya karna tidak murah membeli tangki bensin untuk tiger kisaran 700ribu original ahass.

4. Selalu cek rantai dan ban

Cek selalu rantai dan tekanan ban anda jika anda ingin berpergian jauh agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan jika rantai anda sudah kendor atau renggang anda dapat menyetelnya ke bengkel terdekat dan periksa tekanan ban anda jika ban anda kempes.

Sekian cara merawat motor atas pengalaman saya sampai motor tersebut berpindah ke tangan orang lain alias dijual, hehehe... semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara merawat mesin motor
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.