Saturday, February 06, 2010

NASA Umumkan Foto Pluto Paling Dramatis

Lembaga ruang angkasa AS NASA mengumumkan foto dari teleskop luar angkasa Hubble yang diambil awal 2000-an. Foto itu disebut gambar paling rinci dan dramatis menyangkut planet kerdil.

"Foto Hubble mengkonfirmasi Pluto merupakan dunia yang dinamis dan mengalami perubahan atmosfer dramatis tidak hanya bola es dan batu," kata NASA.

Tapi foto glamor terbaru itu tidak cukup untuk memasukkan kembali Pluto sebagai sebuah planet.

Foto itu diambil saat Pluto menuju tahap baru dari 248 tahun orbit mengelilingi matahari. NASA mengatakan Pluto tidak seperti bumi, di mana planet sendirian melewati musim.

Musim Pluto asimetris karena orbitnya elips. Transisi musim semi ke musim panas sangat cepat di belahan bumi utara, karena Pluto bergerak sepanjang orbitnya lebih cepat bila lebih dekat dengan matahari.

Permukaan tampak kemerahan, kekuningan, keabu-abuan di tempat, dengan titik terang misterius yang sangat membingungkan para ilmuwan.

Beberapa warna yang dinyatakan di dalam foto-foto baru Pluto diperkirakan akibat dari radiasi ultraviolet dari matahari berinteraksi dengan metana dalam suasana lemah planet kerdil.

Titik terang terlihat di dekat khatulistiwa telah ditemukan dalam pengamatan lain karena sangat kaya karbon monoksida.

Pluto kehilangan statusnya sebagai planet dalam sistem tata surya kita tahun 2006 ketika sebuah kelompok ilmuwan internasional memutuskan bahwa Pluto terlalu kecil dan terlalu jauh untuk dianggap sebagai anggota tata surya.

tanda tangan
tanda tangan

Bagikan

Jangan lewatkan

NASA Umumkan Foto Pluto Paling Dramatis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.