Tuesday, January 05, 2010

Teleskop NASA Temukan Obyek Misterius



Teleskop pemburu planet NASA yang baru, menemukan obyek yang misterius karena terlalu panas untuk sebagai planet dan terlalu kecil untuk menjadi bintang.

Kepler Telescope yang diluncurkan pada bulan Maret, menemukan benda langit baru yang mengelilingi bintangnya.

Kepala ilmuwan teleskop Bill Borucki dari NASA mengatakan obyek itu ribuan derajat lebih panas dari bintang-bintang yang di kelilingi.

Itu berarti obyek itu mungkin bukan planet. Mereka lebih besar dan lebih panas daripada planet dalam tata surya kita, termasuk planet-planet kerdil.

"Alam semesta terus membuat hal-hal aneh aneh dari yang bisa kita pikirkan dalam imajinasi kita," kata Jon Morse, kepala astrofisika NASA.

Penemuan baru itu tidak cocok dengan setiap definisi yang diketahui dalam astronomi, dan sejauh ini tidak memiliki klasifikasi sendiri. Rincian tentang obyek misterius itu dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Washington.

Untuk saat ini, peneliti NASA yang menemukan obyek itu Jason Rowe mengatakan ia menyebut sebagai "sahabat panas."

Lalu seberapa panas? Sekitar 26.000 derajat Fahrenheit, cukup panas untuk melelehkan timah atau besi.

Ada teori utama mengapa obyek itu ada dan sedang berada di ujung siklus kosmik.

Rowe memperkirakan mereka planet yang baru lahir. Planet baru memiliki suhu sangat ekstrim dan dalam hal ini ia berspekulasi obyek itu kemungkinan hanya sekitar 200 juta tahun.

Ronald Gilliland dari Space Telescope Science Institute mengatakan, obyek itu bisa jadi adalah bintang kerdil putih yang sekarat dan menanggalkan kulit terluarnya dan menyusut.

Bagikan

Jangan lewatkan

Teleskop NASA Temukan Obyek Misterius
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.