Tuesday, December 15, 2009

RI Rentan Kejatuhan Benda Antariksa

Wilayah Indonesia yang dilalui garis ekuator cukup panjang rentan menjadi tempat jatuhnya sampah antariksa yang sekarang kian banyak.

"Sampah antariksa semakin lama semakin banyak. Yang terpantau oleh sistem jaringan pemantau internasional ada sekitar 13 ribu lebih dan ancamannya bisa mengganggu satelit aktif. Dan salah satunya pernah, sampah antariksa bekas satelit Rusia menabrak satelit aktif karena semakin banyak satelit di antariksa kemungkinan bertabrakan semakin besar," kata peneliti astronomi dan astrofisik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Dr Thomas Djamaluddin Msc.

Indonesia yang berada di garis ekuator memiliki kemungkinan lebih besar terkena risiko jatuhnya sampah antariksa dibanding kawasan lain. Oleh karena itu Indonesia harus selalu waspada karena berada pada wilayah yang sering dilalui orbit satelit.

Hal itu harus menjadi perhatian Lapan dalam memberikan pelayanan informasi potensi bahaya benda jatuh dari antariksa sehingga kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat dinetraliskan, kata Thomas Djamaluddin.

Sumber:inilah.com

Bagikan

Jangan lewatkan

RI Rentan Kejatuhan Benda Antariksa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.