Tuesday, December 15, 2009

NASA Tes Materi Kehidupan di Mars


Ilmuwan NASA menguji material yang hanya ditemukan di Aberdeenshire Skotlandia, untuk melihat apakah materi tersebut bisa menjadi petunjuk adanya kehidupan di Mars.

Menurut laporan BBC News, elemen yang diketahui sebagai Macaulayite, dipercaya hanya ada di tambang di kaki gunung Bennachie Aberdeenshire.

Peneliti berpikir bahwa material tersebut sama dengan material yang memberi warna merah planet Mars.

Sampel yang ada telah dikirim ke pusat penelitian di California untuk memverifikasi kebenarannya.

Macaulayite ditemukan oleh peneliti dari Institut Aberdeeb Macaulay pada akhir tahun 1970.

Mineral material tersebut terbentuk atas kandungan air, jadi seperti di permukaan Mars. Hal tersebut bisa membuktikan bahwa planet tersebut kemungkinan juga terdapat kehidupan.

Mineral tersebut terbuat dari granit yang ditempa oleh cuaca dan iklim sejak era sebelum Masa Es Akhir.

“Hal tersebut menggembirakan karena mineral khusus tersebut mengandung air. Butiran mineralnya sangat baik dan air mengelilingi permukaan di dalamnya,” ujar Ahli Mineral Jeff Wilson yang juga Ketua Tim Penemu Material.

“Banyak spekulasi yang berkembang seputar keberadaan air di Mars. Kami tidak tahu pasti, tetapi spekulasi tersebut bisa dikaitkan dengan mineral yang ditemukan ini,” tambahnya.

Menurut Spesialis Mars dari Institut Pencarian Ekstra Terrestrial Intelegensia Dr Janice Bishop, “Semua bentuk kehidupan yang kita tahu membutuh unsur air yang likuid, jadi jika kita bisa menemukan periode waktu atau tempat di planet di mana di sana pernah ada air, maka kesempatan pernah ada kehidupan pun semakin besar.

Sumber: inilah.com

Bagikan

Jangan lewatkan

NASA Tes Materi Kehidupan di Mars
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.