Friday, January 28, 2011

Ditemukan, Rasi Bintang Pesaing Matahari


Jika Anda memperhatikan gambar di atas, meski tak jelas, terdapat titik biru yang menunjukkan Zeta Ophiuchi. Bintang panas itu berbobot 20 kali Matahari.

Melewati awan debu raksasa dan gas antarbintang, objek ini bisa dilihat dalam cahaya yang muncul seperti bintang merah yang relatif suram. Apalagi, Zeta juga dikelilingi bintang redup tanpa debu.

Bagaimanapun, gambar itu diambil oleh Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA, sehingga memunculkan gambar yang sama sekali berbeda.

Di tepi dan latar belakang objek, banyak awan debu yang relatif tenang sehingga seolah memunculkan warna hijau yang tipis. Ini mengingatkan kita atas cahaya di Kutub Utara.

Di dekat Zeta Ophiuchi, muncul awan merah yang berbeda karena berwarna merah dan cenderung terang. Radiasi ultraviolet yang berjumlah sangat banyak dari bintang dipancarkan oleh awan sehingga bersinar lebih terang.

Tambahan, fitur melengkung kuning terang muncul di atas Zeta Ophiuchi tampak seperti busur kejutan. Selain itu tampak pula beberapa kompresi gas yang membuat gelombang tampak bergerak seperti air.

sumber : inilah.com




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Ditemukan, Rasi Bintang Pesaing Matahari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.