Monday, October 04, 2010

Ilmuwan Cari Alien di Atmosfer Terluar

Ilmuwan percaya kehidupan luar angkasa bertahan di pinggiran atmosfer bumi. Oleh karena itu, ilmuwan mulai merancang misi pencari bakteri yang bisa hidup di tempat itu.

Ilmuwan Inggris bekerja sama dengan European Space Agency akan meluncurkan balon pembawa perangkat yang bisa mencari bakteri dan mikroorganisme lainnya di stratosfer.

Mereka percaya bila ada spesies yang mampu bertahan dalam radiasi tingkat tinggi, udara dingin yang ekstrim di tepi ruang tersebut.

Jika mereka berhasil, ini akan menjadi kehidupan asing pertama kali yang tertangkap manusia dan memberikan dampak sangat besar menyangkut teori di kehidupan bumi dan galaksi. Mereka juga berhadap dapat menemukan bakteri jenis baru yang terlempas ke atmosger akibat letusan gunung berapi.

Clara Juanes-Vallejo yang memimpin tim peneliti dari Cranfield University mengatakan, “Ada teori yang menyebutkan bahwa kehidupan bumi berasal dari luar angkasa. Oleh karena itu, kita harus tahu hidup seperti apa yang mampu bertahan dalam kondisi luar angkasa.”

Menurut Juanes-Vallejo, lingkungan di stratosfer sangatlah ekstrim. Suhu bisa mencapai minus 90 derajat Celcius. Selain itu, juga banyak radiasi berbahaya yang tidak bisa diminimalisir oleh atmosfer.

Misi balon senilai 60 ribu poundsterling (Rp 846,2 juta) ini dikembangkan bersama perusahaan elektronik Alpha Micro. Perangkat ini akan dikirim lebih dari 21 mil ke atas udara.

Misi baru yang dikenal dengan nama CASS-E ini pernah dipasang dalam lingkungan steril yang biasa disediakan untuk misi ke planet lain, Mars misalnya.

Beberapa ahli astrobiologi percaya bahwa benih kehidupan di Bumi sebenarnya tercipta dari mikorba di galaksi lain. Bisa pula terbentuk di asteroid atau komet yang bertabrakan dengan bumi.

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa kehidupan Bumi bahkan bisa muncul sebelum tabrakan Asteroid sekitar 3,9 miliar tahun lalu.

Asteroid masih terus menabrak Bumi. Ilmuwan mengklaim kehidupan ada di benda luar angkasa tersebut sebelum terbakar.

sumber : inilah.com




ShareThis


tanda tangan
tanda tangan

KLIK LIKE BILA ANDA SUKA ARTIKEL INI...!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Ilmuwan Cari Alien di Atmosfer Terluar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.